<We_can_help/>

What are you looking for?

Aman saat Beli Rumah? Pesan REI agar Konsumen Tak Kena Tipu Developer Bodong

MALANG KOTA – Modus developer bodong atau abal-abal yang berujung penipuan perumahan fiktif, membuat konsumen dirugikan. Agar tidak tertipu, Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Malang memberikan beberapa pesan penting yang wajib diketahui calon pembeli (user). Yang pertama, jangan terbuai diskon tinggi. Kedua, harus jeli menanyakan status tanah dan perizinan kepada pengembang.

“Biasanya, mereka memasarkan lokasi perumahan atau kavling dengan harga miring, sementara status tanah masih milik orang lain. Setelah user atau pembeli membayar, developer itu lantas kabur,” ungkap Ketua REI Komisariat Malang Suwoko yang didampingi jajaran pengurusnya, saat mengunjungi kantor Jawa Pos Radar Malang, kemarin (7/9).

Dalam kunjungan perdana setelah dilantik itu, Suwoko dan pengurusnya disambut oleh Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, General Manager (GM) Don Virgo bersama jajaran manager.

Menurut Suwoko, perilaku developer abal-abal biasanya sudah berani memasarkan kepada calon pembeli meski hanya bayar uang muka (DP).

Suwoko yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua REI Komisariat Malang itu menyebut, keberadaan developer abal-abal meresahkan dia dan pengembang lainnya.

Pengembang abal-abal yang disampaikan oleh Suwoko itu ditanggapi dengan gayeng oleh Kurniawan Muhammad. Pria yang menjabat Direktur Jawa Pos Radar Malang sejak 2012 lalu itu mengungkapkan, hal serupa juga terjadi di dunia jurnalistik.

”Masalah abal-abal ini tidak hanya di perumahan. Wartawan abal-abal pun ada,” kata Kum, panggilan akrab Kurniawan Muhammad.

Hanya saja, katanya, ada pergeseran definisi wartawan abal-abal. ”Kalau dulu, wartawan tanpa surat kabar atau WTS itu disebut abal-abal. Tapi sekarang ini, punya media juga termasuk wartawan abal-abal kalau tidak menjalankan cover both side,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, REI Komisariat Malang dan Jawa Pos Radar Malang membahas expo properti secara virtual. Beberapa pengurus REI merespons positif rencana Radar Malang menggelar properti virtual. ”Ini termasuk inovasi baru. Karena calon pembeli juga bisa menikmati virtual show di dalamnya,” kata Kum.

Pewarta: Sandra Desi C

Dolor sit ami quis consequentum lorem Ipsum gravida nibh vel velit auctor aliqunean sollicitu din lorem quis bibendum auci elit consequat ipsutis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris doviantum con nos us.

wa